Informasi

Perbedaan Survei Quick Count, Exit Poll, dan Real Count

perhitungan survei real count, quick count, dan exit poll

Perbedaan Survei Quick Count, Exit Poll, dan Real Count, Mana Yang Lebih Akurat?

Setelah melihat kualitas para calon presiden dan wakil presiden maupun calon legistalif.

Saatnya masyarakat menentukan pilihan, melalui pemungutan suara yang dilakukan di tiap-tiap TPS yang ada di seluruh Indonesia.

Perhitungan suara pun langsung dilakukan setelah warga mencoblos.

Berhubung waktu perhitungan suara untuk seluruh TPS di Indonesia mebutuhkan waktu yang sedikit panjang, tapi tenang beberapa lebaga survei membantu masyarakat untuk mengetahui lebih cepat perolehan suara.

Hasil tersebut jauh lebih cepat dibandingkan hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasil resmi KPU bisa memakan waktu kurang lebih dua pekan. Hitung cepat biasanya dilakukan lembaga survei.

Lembaga survei menggunakan beberapa metode, nah metode survei yang lagi ramai di perbincangkan saat ini adalah Quick Count, Exit Poll, dan Real Count

Apa yang dimaksud dari ketiga survei ini? Berikut perbedaan ketiga survei ini:

1. Quick Count

Quick count adalah proses pengambilan data dengan menghitung persentase hasil Pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.
Lembaga survei hanya mengambil sampel di beberapa TPS untuk mewakili semua TPS.

Quick count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.

Hitung cepat biasanya menerapkan teknik sampling probabilitas sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat.

Saat Pemilu 2019, KPU telah menyatakan lolos verifikasi pada 40 lembaga survei yang menggelar quick count.

Khusus untuk publikasi aturan quick count mengacu pada UU Pemilu No.7 Tahun 2017 Pasal 449 ayat (2), ayat (5), yakni dua jam setelah pemungutan suara Waktu Indonesia Barat (WIB) ditutup. Artinya, penghitungan cepat hasil Pemilu 2019 baru bisa dipublikasikan pada pukul 15.00 WIB karena pemungutan suara ditutup pada pukul 13.00 WIB.

2. Exit Poll

Exit Poll adalah survei yang dilakukan setelah pemilih meninggalkan tempat pemilu dengan menanyakan langsung pemilih terhadap siapa calon yang ia pilih pada TPS tertentu.

Exit poll dianggap mewakili hasil akhir dari pikiran para pemilih setelah keluar dari TPS dan memiliki selisih (margin of error) yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jajak pendapat.

Exit poll dengan quick count memiliki perbedaan. Exit poll menanyakan langsung pemilih terhadap siapa calon yang ia pilih pada TPS tertentu, sedangkan quick count mencatat hasil akhir dari TPS baik yang terpilih maupun tidak dan merupakan gambaran dari hasil pemilihan umum setempat.

Hasil exit poll sendiri selalu keluar sebelum hasil resmi keluar.

3. Real Count

Real count berbeda dengan quick count dan exit poll. Jika quick count mengambil sampel secara statistik, sedangkan real count mengumpulkan data dari seluruh pemilih atau TPS.

Hasil dari real count hasilnya tidak secepat quick count dan exit poll, biasanya memerlukan waktu sampai berhari-hari. Data yang dihitung adalah angka resmi dari tiap TPS, bukan berdasarkan sampel.

Comment here