Travel

Menikmati Senja Makassar Dari Atas Kapal Pinisi, Wisata Laut Terkeren

Carisemuaja.com – Senja memang selalu memberikan suguhan panorama yang indah. Bias jingga yang berada di tepi lautan, begitu menenangkan bagi siapapun yang melihatnya. Belum lagi suasana sore perkotaan yang begitu hiruk, akan diredam dengan teduhnya langit mekar menawan.

Di kota Makassar, ada beberapa lokasi yang selalu dijadikan tempat untuk melihat senja. Selain dari ketinggian, Pantai Losari salah satunya. Hal tersebut sudah menjadi biasa dan selalu dilakukan oleh warga setempat. Atau dengan menyambangi rooftop hotel dan melihat senja itu dari ketinggian.

Namun, sudahkan Anda melihat senja di atas sebuah kapal dan melihat kota Makassar dari lautan? Terlebih lagi, kapal tersebut adalah kapal pinisi.

Tribun Timur/ Suasana Malam
Tribun Timur/ Suasana Malam

Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan.

Jika berjalan-jalan di Pantai Losari, ada sebuah kapal pinisi yang bersandar rapih di dekat anjungan bernama Kapal Layar Motor (KLM) Pinisi Pusaka Indonesia.

Kapal tersebut bukan lah sebuah pajangan biasa. Kapal ini memiliki berat 70 ton dengan kapasitas 25 orang. Bisa berjalan dan menghantarkan Anda untuk melihat senja dalam jarak dekat dan di tengah lautan.

Penulis akan membagikan pengalaman berlayar dengan kapal pinisi dan melihat senja jarak dekat. Kapal tersebut mulai bergerak meninggalkan sandarannya, pukul 16.50 wita. Hingga berjalan menuju ujung kota Makassar untuk menyaksikan senja kota Makassar.

Selama dua jam perjalanan, Anda akan melihat beberapa kapal tanker, nelayan memancing, dan juga suasana kota Makassar secara keseluruhan dari jarak jauh. Pulau-pulau kecil pun akan dilewati seperti bunga-bunga perjalanan yang begitu mengasyikan.

Hingga nantinya, matahari akan menuju tepian dan membias jingga menampakkan indahnya dan membuat kagum siapapun yang melihat. Kurang afdol rasanya, jika tak mengabadikan momen eksotis tersebut dengan menggunakan kamera.

Sembari menunggu matahari terbenam, Anda bisa mengeksplor isi kapal pinisi yang terdiri dari dua lantai tersebut. Di lantai duanya anda akan melihat tempat dikemudikannya kapal oleh skipper (pengemudi kapal/kapten).

Skipper Pinisi
Skipper Pinisi/ tribun timur

Adapula dapur mini dan satu toilet yang dirancang begitu sederhana untuk kebutuhan para awak kapal atau pengunjung. Dilantai dasar tersedia kamar tidur berac dengan beberapa kasur, mushalla mini, dan perpustakaan.

Anda pula dapat menambah wawasan dengan bertanya tentang kapal pinisi kepada sang skipper. Terlihat lihai dalam mengendalikan kapal, skipper tersebut pun tetap fokus menjawab pertanyaan meski tangan dan pikirannya sedang mengemudi.

Jangan lupa menyantap hidangan yang telah disiapkan untuk menemani sore syahdu bersama angin laut menyejukkan dan tentunya senja yang mulai terbenam. Hingga ketika senja terbenam, kapal ini akan kembali berbalik haluan menuju sandaran awalnya yakni di anjungan Pantai Losari.

Untuk diketahui, Kapal Layar Motor (KLM) Pinisi Pusaka Indonesia disewakan dengan harga yang beragam sesuai dengan rute atau tujuan perjalanan. Kapal ini biasa digunakan untuk berlayar ke daerah-daerah wisata Sulawesi Selatan seperti Selayar dan Takabonerate.

Penasaran dengan pengalaman melihat senja di tengah lautan? Kapal Pinisi bisa jadi pilihan.

Comment here