Travel

Mengenal Pulau Tukang Besi Binongko di Wakatobi, Bagi Traveler Bisa Jadi Tempat Belajar Buat Parang

Internet/para pengraji

Carisemuaja.com – Wakatobi merupakan kabupaten dengan empat pulau unggulannya. Yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Semua memiliki ciri khas dan juga daya tarik tersendiri. Seperti pulau Binongko juga terkenal sebagi spot untuk menyelam dan snorkeling. Namun, pulau tersebut juga memiliki kearifanlokal yang begitu unik.

Dilansir dari wikipedia, Kepulauan Tukangbesi atau kepulauan Wakatobi adalah gugusan kepulauan yang terdiri dari empat pulau utama dan sejumlah pulau kecil lainnya, dengan luas kurang lebih 821 km2.

Pulau utama tersebut adalah Pulau Wangiwangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko yang biasa disingkat “Wakatobi” dan sekarang berada di bawah satu administrasi, Kabupaten Wakatobi.

Gugusan kepulauan ini dinamakan “tukangbesi” (pandai besi) karena kepulauan ini terkenal dengan pembuatan keris tradisional yang terbaik yang masih diproduksi sampai sekarang.

Bahkan hingga saat ini, sebagian besar Desa di Pulau Binongko juga terbilang masih tradisional. Dan menjadi ole-ole khas pulau Binongko dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 50 ribu keatas.

Masyarakat sekitar begitu lihai dalam membuat atau menciptakan berbagai macam peralatan besi dan baja dengan kualitas yang dapat diandalkan.

Bahkan hasil produksi masyarakat sekitar pun dipasarkan di luar daerah hingga luar kota. Produk besi dan baja dari pulau ini bahkan bisa jadi merupakan yang terbaik di Indonesia lho.

Berkat keramahan warganya, kamu juga bisa melihat langsung proses penukangan besi dan baja di sini! Menarik sekali, bukan?

Ada juga nih Festival Pulau Tukang Besi Dari detik.com, Festival Pulau Tukang Besi menjadi salah satu tradisi yang kini menjadi agenda tahunan di Wakatobi. Festival ini merupakan tradisi menyambut Ramadhan 2019 ini.

Cerita Destinasi/ para penari asal wakatobi
Cerita Destinasi/ para penari asal wakatobi

Menjelang bulan suci Ramadhan, ratusan penari kolosal mengikuti Festival Pulau Tukang Besi di Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawei Tenggara (Sultra).

Festival tersebut biasanya diramaikan dengan karnaval budaya, tarian kolosal, dan rangkaian acara lainnya. Beberapa atraksi ditampilkan dalam Festival Pulau Tukang Besi, antara lain Tari Balumpa, Tari Honutu dan pembuatan parang yang diperankan oleh remaja putra.

Artis Asti Ananta pernah menjadi salah seorang penari mengaku bangga bisa terlibat langsung dalam festival tersebut.

Comment here