Cerita Mistis

Cerita Mistis di Balik Lagu Boneka Abdi Dalam Film Danur

Boneka Abdi

Danur merupakan film bergenre horor yang mendulang kesuksesan.

Tentunya, sejak awal merilis trailernya pada beberapa tahun lalu, film ini sudah dinantikan hingga akhirnya ditayangkan pada 2017. Bahkan menjadi perbincangan publik, khususnya para pecinta film horor dan penggemar novel garapan Risa Sarasvati.

Nah, ingat lagu Boneka Abdi yang diselipkan dalam adegan film Danur? Begitu menyeramkan bukan, apalagi jika didengarkan dalam keadaan sunyi.

Lagu ini menjadi salah satu soundtrack dan menjadi kunci dalam film ini. Namun, tahukah kalian ternyata ada kisah mistis dibalik lagu ini. Risa saat berbicara kepada wartawan, menjelaskan lagu tersebut pada dasarnya merupakan lagu pemanggil untuk teman-temannya.

Risa yang memiliki kemampuan untuk menembus dunia lain ini, menggunakan lagu tersebut untuk memanggil teman-temannya. Diketahui, para teman Risa tersebut sangat menyukai lagu Boneka Abdi. Diakui Risa, ia menggunakan lagu ini untuk memanggil teman-temannya.

Asal Mula Lagu Boneka Abdi

Dari bahasa yang digunakan, lagu ini merupakan lagu sunda. Lagu ini dilatar belakangi oleh teman hantu Risa, yang berasal dari tanah priyangan. Hantu atau tema Risa ini, adalah anak-anak Belanda yang tinggal di Priyangan.

Mereka menghabiskan waktu bersama pengasuh yang berasal dari Sunda. Pengasuh-pengasuh tersebut selalu mengajarkan lagu-lagu itu. Risa juga mengatakan, ketika menyanyikan lagu tersebut teman-temannya itu akan datang.

Namun, bukan untuk menakuti tapi mengajak bermain. Dilansir dari Djarumcoklat.com, Boneka Abdi merupakan lirik yang memang dibuat disini, khususnya di tanah sunda.

Padahal, sebenarnya lagu ini berasal dari negara Jerman, tepatnya di Abad ke 19. Lirik aslinya berjudul Hänschen klein. Menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang berkelana ke seluruh dunia, dan kembali ke rumah untuk keluarganya.

Lagu ini cukup mendunia, negara Inggris bahkan punya versinya sendiri, dengan menterjemahkan lirik bahasa Jerman ke bahasa Inggris. Lagu ini dipakai di sekolah-sekolah anak dalam pelajaran bernyanyi.

Jelas lagu ini sangat disukai, mungkin karena nadanya sangat ear catchy, dan liriknya yang sangat simpel membuat anak-anak mudah untuk menghafal. Dengan adanya beragam versi lirik, membuktikan bahwa lagu ini benar-benar terkenal di seluruh penjuru dunia.

Lirik lagu Abdi Setan dalam 4 bahasa:

Sunda

Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka

Teu kinten saena sareng lucuna

Ku abdi di erokan, erokna sae pisan

Cing mangga tingali boneka abdi

Bahasa Indonesia

Saya sekarang punya sebuah boneka

Tak terkira bagus dan lucu

Saya pakaikan rok, roknya pun bagus

Ayo silahkan lihat boneka saya

Bahasa Jerman

“Hänschen klein ging allein, in die weite Welt hinein

Stock und Hut stehn ihm gut, ist gar wohlgemut

Doch die Mutter weinet sehr, hat ja nun kein Hänschen mehr

Da besinnt sich das Kind, kehrt nach Haus geschwind”

Bahasa Inggris

“Little Hans went alone, out into the wide world

Staff and hat suit him well, he is in good spirits

But his mother cries so much, for she no longer has little Hans

Look! the child changes his mind, and returns quickly home”

Apakah kamu punya teman hantu di masa kecil?

Ceritakan dikolom komentar ya…

Baca informasi selengkapnya di link ini

Comment here