Tips

Buat Capres dan Caleg Gagal, Begini Tips Terima Kekalahan Yang Baik

tips ikhl;as untuk caleg dan capres gagal

Buat Capres dan Caleg Gagal, Begini Tips Terima Kekalahan Yang Baik

Bagi kalian yang merasa gagal dalam pertarungan entah itu ketika nyaleg ataupun nyapres, sebaiknya berlapang dada.

Penulis sudah merangkumnya dari bebera artikel terkait ikhlas dan sabar.

1. Kuatkan Niat di Dalam Hati

Segala sesuatu bisa berjalan baik apabila diniatkan dengan sungguh-sungguh. Begitupun jika Anda ingin menjadi orang sabar dan ikhlas, juga perlu niat kuat. Enggak boleh setengah-tengah, atau sekadar ikut-ikutan.

Yakinkan pada diri sendiri, bahwa Anda mampu menjadi orang sabar. Anda mampu menjadi pribadi yang ikhlas. Semua itu harus Anda lakukan semata-mata karena Tuhan, bukan karena manusia.

Jika niat Anda sudah kuat dan murni karena Tuhan, maka segalanya bisa dijanlankan dengan mudah.

2. Optimistis, Selalu Berpikiran Positif

Perilaku buruk biasanya muncul tatkala otak berpikiran negatif. Prasangka-prasangka yang tidak baik, hal itu kerapkali membuat Anda terpancing emosi, hingga marah-marah bahkan stres.

Well, tentunya semua tindakan tersebut enggak ada gunanya! Malah, efeknya bisa merusak diri sendiri.

Daripada terus-menerus berpikiran negatif, lebih baik Anda menyikapi segala hal dengan optimistis. Jangan mudah berprasangka buruk dengan keadaan maupun terhadap orang lain.

Cobalah mengambil sisi positif dari setiap peristiwa yang terjadi. Soalnya, berpikiran positif itu merupakan cara menjadi orang sabar yang paling efektif.

3. Bergaul dengan Orang-Orang yang Baik

Ini bukan berarti membeda-bedakan. Namun, jika Anda memang ingin menjadi orang berakhlak baik, maka Anda juga perlu berkumpul di lingkungan yang baik pula.

Pasalnya, Anda akan sulit menjadi sosok yang sabar bila terus-menerus berteman dengan orang pemarah. Anda enggak bisa menjadi sosok yang ikhlas bila berteman dengan orang yang suka dengki atau iri hati.

Bagaimanapun juga, teman memberikan pengaruh cukup signifikan dalam kehidupan Anda. Betul, tidak?

Oleh karenanya, agar terhidar dari sifat buruk, sebaiknya Anda bergaul dengan orang-orang akhlaknya bagus. Dari mereka yang punya kesabaran dan berjiwa ikhlas, Anda bisa belajar banyak untuk melatih kesabaran dan keikhlasan Anda.

4. Ambil Hikmah dari Setiap Kejadian

Ketika musibah tiba-tiba datang menimpa hidup Anda, tentu rasanya sedih banget kan? Kata orang sih, sakitnya tuh di sini (sambil menunjuk dadanya).

Misalnya saja, uang Anda dicuri di perjalanan atau mungkin Anda dipecat dari pekerjaan. Wah, pastinya itu bikin kesel.

Wajar kalau Anda kecewa. Tapi, sebisa mungkin Anda harus berusaha mengendalikan emosi. Jangan sampai marah-marah, apalagi meratapi hidup. Percayalah bahwa setiap kejadian di kehidupan ini selalu ada hikmahnya. Seburuk apapun itu!

Misalnya, bila uang Anda dicuri, itu tandanya Anda harus lebih berhati-hati. Atau mungkin sebagai pengingat untuk memperbanyak bersedekah. Dengan mempercayai adanya hikmah dari setiap cobaan, Anda siap untuk bersabar dalam segala hal.

5. Rileksasi Pikiran, Cobalah Mengelola Stres

Sikap yang enggak sabar dan gampang marah-marah, biasanya bisa timbul dikarenakan pikiran terlalu stres.

Ketika Anda disibukkan dengan rutinitas yang berulang-ulang, tugas yang menumpuk, atau masalah ini-itu, kadang-kadang bisa membuat pikiran jadi penat dan lelah. Apalagi jika kurang tidur.

Wah, semua faktor itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Sehingga tak jarang membuat emosi Anda meluap-luap dan tidak terkontrol.

Untuk mengindarinya, satu-satunya cara yakni dengan mencoba rileksasi pikiran. Sesibuk apa pun, Anda harus meluangkan waktu untuk berolahraga, piknik, dan tentunya istirahat yang cukup.

Bila pikiran fresh, maka jiwa juga akan lebih tenang. Hal itu merupakan salah satu kunci untuk menjadi orang sabar.

Comment here