Tips

Cara Menghemat Listrik, Bisa Menyimpan Uang Lebih

Cara Menghemat Listrik, Bisa Menyimpan Uang Lebih

Cara Menghemat Listrik, Bisa Menyimpan Uang Lebih

Listrik merupakan kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan.

Namun, penggunaan listrik perlu dibatasi selain untuk menghemat tenaga listrik juga dapat menghemat biaya.

Hasil dari penghematan tersebut bisa digunakan untuk keperluan yang lebih bermanfaat.

1. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Lampu sebaiknya dimatikan ketika Anda sedang beristirahat selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk merilekskan tubuh Anda sehingga bisa beristirahat dengan lebih baik. Jangan pernah tinggal gadget Anda dalam keadaan masih mengisi daya ketika Anda memutuskan untuk tidur.

2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Hal ini membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan listrik. Ketika pulsa listrik Anda telah habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah Anda akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali Anda harus membeli pulsa listrik lagi.

3. Hemat Pemakaian Lampu

Usahakan untuk menerapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00. Beberapa siasat dan pengendalian diri terhadap pemakaian listrik yang lebih dibatasi ini cukup membantu Anda dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan menekan biaya tagihan listrik bulanan Anda.

4. Cabut Kabel

Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda.

4. Gunakan AC Seperlunya

Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda.

Hindari juga kebiasaan membuka pintu kulkas untuk jangka waktu yang lama karena mesinnya akan bekerja lebih tinggi untuk menyesuaikan suhu di dalam dan di luar kulkas yang akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik.

Comment here