Blogging

Apa itu Iklan Programmatic? Begini Penjelasannya

Apa itu iklan programmatic

Apa itu Iklan Programmatic

Carisemuaja.com – Apa itu iklan Programmatic? tentu kata iklan programmatic terdengar asing di telinga orang awam. Bahkan, di kalangan blogger sekalipun istilah ini juga terbilang asing. Nah, di dalam artikel ini saya akan membahas apa itu iklan programmatic dan ekosistem di dalamnya

Iklan Direct vs Iklan Programmatic

Secara umum, iklan dalam blog atau website dapat dikategorikan dalam 2 jenis yaitu iklan direct dan iklan programmatic. Sederhananya, iklan direct menurut kukuhtw.com adalah ruang iklan/slot iklan yang dibeli langsung oleh advertiser dan publisher/media online mematok harga tinggi untuk membeli slot iklan ini.

Sementara itu, iklan programmatic adalah slot iklan di dalam web yang akan dibeli oleh pemasang iklan secara otomatis. Dalam hal ini, pembeli slot iklan di dalam iklan programmatic akan di wakilkan oleh DSP(Demand Side Platfrom) untuk membuat bid untuk slot iklan yang akan di beli. Lalu di satu sisi, publisher/media online akan di wakilkan oleh SSP(Supply side platfrom) untuk menerima bid/harga iklan yang cocok untuk slot iklan mereka.

Apa itu DSP dan SSP?

Contoh DSP adalah Google Ads dimana seperti kita ketahui, ketika kita ingin memasang iklan di slot iklan di dalam google network(Display, video, Sem) kita harus memasang budget iklan, materi iklan, lalu targetting iklan. Setelah proses tersebut selesai, google ads selaku DSP akan melakukan bid sesuai dengan budget dan targetting yang telah kita lakukan di step sebelumnya.

Contoh SSP sendiri adalah google Adsense, MGID, Adnow dll. Jadi, ketika kita mempunyai slot iklan untuk google adsense, demand iklan yang muncul di website anda adalah hasil dari bidding iklan pemasang iklan dari Google Ads yang mempunyai targetting user yang sesuai dengan pemasang iklan.

Mengapa Harus Iklan Programmatic?

Setelah membahas singkat tentang Apa itu iklan programmatic dan bagaimana cara kerja iklan tersebut. Lalu, mengapa blogger harus memonetisasi iklan menggunakan Iklan programmatic?

Alasannya sederhana, ketika anda memulai blogging atau membuat website, tentu belum terlalu banyak orang yang mengenal brand atau website anda. Tentu dengan hal tersebut, pemasang iklan yang ingin memasang iklan secara langsung (iklan direct) ke website anda tentu kemungkinannya kecil.

Pentingnya Fokus Konten pada Blog

Sebelumnya saya membahas tentang targetting user yang di lakukan oleh DSP untuk membeli slot iklan di media online/website. Penjelasannya adalah ketika konten yang kita produksi tidak dapat di cari di situs manapun, tentu pembaca yang akan membaca tentu semakin spesifik. Contoh nyata adalah magdalene Website ini mempunyai pembaca sangat segmented yaitu, perempuan, umur 18-25, lalu bertempat di kota. Tentu hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk brand-brand yang mempunyai targetting consumer sesuai dengan audience website tersebut. Efeknya nya, brand tersebut akan rela membayar lebih untuk bisa membeli slot iklan di website tersebut.

Demikin penjelasan singkat tentang iklan direct, iklan programmatic, dan ekosistem dari dunia periklanan digital. Terima Kasih atas waktunya 🙂

Kesempurnaan hanya milik ALLAH S.W.T adapun itu, kritik dan saran sangat diperlukan untuk pengembangan diri saya secara pribadi untuk bisa menjadi penulis yang lebih baik 😀

Comment here