Travel

5 Wisata Kuliner AntiMainstream di Malang yang Wajib dikunjungi

Kuliner AntiMainstream di Malang

Kuliner AntiMainstream di Malang Carisemuaja.com – Malang memang terkenal dari dulu sebagai tempat wisata, bukan hanya karena udaranya yang terkenal sejuk tapi juga karena objek wisatanya seperti gunung-gunung yang mengelilinginya, pantai dan juga makanannya. Banyak sekali wisata-wisata kuliner di Malang ini yang rasanya nikmat dan saying untuk dilewatkan. Tapi, kali ini carisemuaja akan mengemas 5 Wisata Kuliner AntiMainstream di Malang yang Wajib dikunjungi.

1.  Puthu Lanang

Warung putu ini memang sudah lama berada di Malang. Putu legendaris yang berada di gang sempit menyajikan kue putu dan aneka kue tradisional lainnya. Walaupun tempatnya yang sempit, tapi dijamin rasanya tidak ada duanya. Kue Putu yang dijual disini memiliki citarasa yang gurih, lembut dan punel. Gula Jawa yang disajikan didalam kue putu in juga merupakan gula jawa yang asli sehingga membua rasa yang nikmat ketika dicampurkan dengan gurihnya kelapa. 

Puthu Lanang ini didirikan sejak tahun 1935 dan sampai saat ini berada di Jl Jaksa Agung Soprapto. Meski hanya menjual aneka jajanan dan kudapan ringan yang lezat seperti Kue Putu, Cenil, Lupis dan Klepon, namun peminatnya tetap membludak hingga saat ini.

2. Kuliner AntiMainstream di Malang

Warung Kiroman

Banyak sekali warung di Malang yang menjual rawon, sate, dan gule. Tapi tidak semua warung mempunyai kelezatan yang dimiliki warung Kiroman. Rasa rawon yang khas membuat para pembeli selalu kembali lagi untuk membelinya. Warung yang teletak di Jalan Yulius Usman (Sawahan) ini sudah berdiri cukup lama dan mampu mempertahankan rasanya sehingga ramai pembeli.

Menu andalan dari warung ini afdalah rawon, empal dan soto dagingnya. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga memiliki porsi yang cukup banyak. Terdapat berbagai menu tambahan yang juga tidak kalah enaknya seperti, sate usus, babat, dan paru. Menu tambahan yang paling laris di warung ini adalah sate usus, dan empalnya. Sate usus dan empal merupakan menu pendamping yang pas apabila disajikan dengan rawon yang masih panas. 

3. Sate Kambing Bang Saleh

Kuliner AntiMainstream di Sate Kambing Bang Saleh

Sate kambing memang bukan makanan yang khas dari Malang. Tapi Sate Kambing Bang Saleh ini berbeda dari sate yang lainnya. Rasa saos kacang yang pas dan lezatnya dipadukan dengan daging kambing yang empuk membuat sate ini ramai dikunjungi oleh orang-orang. Bertempat di Jalan Ade Irma Suryani No 12 Kauman, warung ini sudah banyak dikungjungi oleh banyak artis dan juga pejabat dari berbagai kota. Warung ini sudah berdiri dari tahun 1970 tampak sangat sederhana, namun jangan salah warung ini tak pernah sepi pengunjung. 

Menu andalan dari warung ini tentunya sate kambingnya, yang sudah diolah sehingga kambing terasa empuk dan tidak berbau lebus. Selain itu, warung ini juga menjual gulai kambing, nasi kebuli, kambing goreng, kambing panggan, dan sop kaki kambing yang juga tak kalah enak. Untuk harga satu porsi kambing di mulai dari Rp 35,000- Rp45,000, tergantung dari request pembeli apabila ingin/tidak ingin menambah lemak.

4. Rawon Isor Uwit 

Rawon Isor Uwit merupakan arti dari Bahasa Jawa yang artinya Rawon Bawah Pohon. Ya, rawon ini memang terletak di bawah pohon di Jalan Bridgjen Slamet Riyadi, didepan Indocell. Walaupun tempatnya kecil dan tidak terlihat kasat mata, rawon ini rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata lagi. Mungkin bagi orang Malang sendiri, masih  jarang ada yang mengetahui keberadaan Warung Rawon Isor Uwit ini, namun warung ini sudah berdiri sejak lama. 

Makanan yang paling direkomendasikan sudah pasti tentunya rawon. Dengan tambahan empal telor dan babat sebagai pelengkap rawon ini sudah tidak ada duanya. Walaupun terletak di bawah pohon, rawon ini lumayan pricey, harganya berkisar dari Rp 25,000- Rp 40,000, bergantung dengan menu pelengkap apa saja yang ditambahkan. Tapi dengan harga itu, its totally worth it!

5. Bakso Duro Kepanjen 

Kuliner AntiMainstream di Malang

Bakso memang merupakan makanan yang wajib dicoba di Malang. Sudah banyak sekali restoran-restoran yang menjual bakso dan cukup terkenal di Malang. Tetapi, Bakso Duro Kepanjen ini juga tak kalah enak dari bakso-bakso yang terkenal itu. Yang membuat bakso duro ini khas adalah karena isinya yang sedikit berbeda dari bakso-bakso di Malang. Dalam 1 porsi bakso duro ini, disajikan sejumlah bakso urat kecil dan satu pentol bakso berukuran besar yang sudah dibelah menjadi empat. Yup, memang porsi nya besar dan mengenyangkan. Ditambah rasa kuahnya yang unik berbeda dengan bakso lainnya, karena warna sedikit kecoklatan, kaya akan bumbu, yang membuat rasanya akan melekat di lidah kita. 

Berada di Kepanjen, Kabupaten Malang terletak di sebelah kiri Jalan (arah dari Malang), sebelum SPBU Kepanjen. Warna warungnya yang mencolok membuat Anda dijamin tidak tersesat. 

Comment here