Informasi

10 Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan, Bisa Untuk Diet Sehat

10 manfaat puasa ramadhan

10 Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan, Bisa Untuk Diet Sehat

Tidak terasa lagi, bulan ramadhan akan segera menghampiri seluruh kaum muslimin dunia.

Apa yang telah kalian persiapkan?

Wah tentunya kesiapan jiwa dan raga yah.

Puasa bukan hanya sekedar menahan haus dan dahaga loh gengs, namun memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat berpuasa ramadhan untuk kesehatan.

1. Puasa Membersihkan Racun (detoksifikasi)

Makanan olahan yang dikonsumsi setiap hari mengandung banyak zat tambahan, dan zat ini bisa menjadi racun dalam tubuh apabila tidak sering dikeluarkan.

Proses penyaringan melalui organ hati saja tidak cukup, harus ada upaya lain yang dilakukan agar tubuh benar-benar bersih dari racun yang biasanya menjadi penyebab utama timbulnya bibit-bibit penyakit yang lebih serius nantinya.

Sebagian besar racun dalam tubuh tersimpan dalam lemak.

Lemak dibakar pada saat puasa, terutama bila sudah lama.

Adapun organ-organ yang terlibat dalam proses pelepasan racun (detoksifikasi) diantaranya adalah Hati, ginjal dan organ tubuh lainnya.

2. Puasa Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Manfaat puasa Ramadhan yang paling terasa bagi tubuh yaitu kerja organ pencernaan yang tidak terlalu berat di siang hari karena diistirahatkan.

Fungsi fisiologis normal tetap berlanjut terutama produksi sekresi dalam proses pencernaan, namun berlangsung pada tingkat yang lebih rendah. Proses ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Puasa Mengatasi Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa membantu menurunkan efek peradangan dan alergi.

Beberapa contoh penyakit radang diantaranya rheumatoid arthritis, arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasis.

4. Puasa Mengurangi Gula Darah

Bila Anda menghabiskan waktu berjam-jam tanpa makan, gula darah akan turun.

Tubuh akan merespon dengan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam jaringan tubuh untuk menghasilkan energi saat Anda sedang berpuasa.

5. Puasa Membantu Mengatasi Kegemukan

Puasa adalah proses diet alami tanpa efek samping bagi orang-orang tanpa riwayat penyakit sebelumnya.

Respon pertama tubuh terhadap puasa adalah pemecahan glukosa yang tersimpan.

Saat penyimpanan glukosa habis, proses ketosis dimulai. Pada proses ini tubuh memecah lemak-lemak  yang ada di ginjal dan otot-otot untuk digunakan sebagai sumber energi.

Dengan banyaknya lemak yang terbuang maka peluang untuk mendapatkan tubuh ideal yang selalu diidam-idamkan akan menjadi semakin terbuka.

6. Puasa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ini membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Atherosclerosis adalah penyakit di mana terbentuknya plak di dinding arteri.

Mengakibatkan arteri menjadi lebih tebal. Arteri merupakan pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung.

Plak dapat terbentuk akibat dari kegemukan, kolesterol, kalsium dan substansi lain yang terdapat pada darah.

7. Puasa Membantu menurunkan Berat Badan

Ketika berpuasa tubuh mengurangi penyimpanan lemak dalam tubuh. Namun puasa bukanlah strategi penurunan berat badan yang baik dan bukan satu-satunya solusi.

Mengurangi asupan lemak dan gula, dan meningkatkan konsumsi buah-buahan adalah langkah yang lebih baik untuk mendapatkan berat badan ideal.

8. Puasa Adalah Diet Sehat

Inilah salah satu manfaat puasa Ramadhan selain menjalankan kewajiban dan ibadah puasa juga ternyata sebagai ajang untuk mempromosikan gaya hidup sehat.

9. Puasa Meningkatkan Imunitas (kekebalan tubuh)

Bagi seseorang yang menerapkan pola makan seimbang diantara waktu puasa (sahur dan berbuka), maka akan mendapatkan bonus berupa kekebalan tubuh yang meningkat.

Ketika berbuka puasa menggunakan buah-buahan, maka hal itu akan meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani hari-hari.

10. Puasa Dapat Membantu Mengatasi Kecanduan

Manfaat puasa Ramadhan yang terakhir adalah mengatasi kecanduan.

Lewat puasa kita diajarkan untuk menahan diri hampir sepanjang hari, tanpa sadar hal itu akan melupakan seseorang dari zat-zat adiktif. Seperti kecanduan pada nikotin (para perokok), alkohol, kafein dan obat-obat berbahaya lainnya.

Comment here